Jogja, merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri karena bentuk pemerintahannya yang berbentuk kesultanan. Selain itu, Jogja juga memiliki kekuatan dan ciri khas tersendiri dalam bidang pariwisata. Banyak sekali wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang mengunjugi kota Jogja ini. Banyak wisatawan yang suka dengan kota ini karena lingkungan yang sederhana, penuh budaya, dan orangnya yang ramah ramah. Selain wisata budaya pun, Jogja ini terkenal dengan wisata alam sekitarnya yang tidak ada habisnya, mulai dari gunung, pantai, gua, air terjun, danau, semuanya ada!

Jogja ini memiliki letak geografis yang sangat strategis, berada di tengah Pulau Jawa, Jogja ini dapat dicapai menggunakan modal transportasi apapun. Namun, kali ini saya akan menjelaskan tips-tips liburan murah menggunakan gaya backpacker.

TRANSPORTASI KE JOGJA
Banyak sekali transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Jogja ini, karena letaknya yang strategis berada di tengah Pulau Jawa. Yang pertama adalah pesawat. Untuk kalian yang berada di luar pulau Jawa bisa langsung direct flight menuju Bandara Adisucipto Yogyakarta atau menuju Bandara International Juanda Surabaya dan lanjut menggunakan bis atau kereta menuju Jogja.

Yang kedua adalah menggunakan kereta. Banyak sekali kereta ekonomi yang menuju Stasiun Lempuyangan Jogja dari berbagai kota seperti Bandung, Jakarta, Surabaya dan Malang. Harga kereta ekonomi menuju Jogja dari Bandung adalah sekitar Rp 100.000 (dulu Rp 50.000 loh), dari kota lain pun harganya hampir sama. Tapi, tenang saja walaupun kereta ekonomi, sekarang gerbongnya sudah bagus dan ber AC, dan yang paling terpenting adalah satu nomor satu kursi :)

Yang ketiga adalah menggunakan bus. Untuk menggunakan bus ini, banyak bus dari berbagai kota besar maupun kecil yang menuju Terminal Giwangan Yogyakarta. Harga bus dari Bandung menuju Jogja adalah sekitar Rp 180.000 sampai Rp 250.000, tergantung negosisasi dan fasilitas busnya. Biasanya bus ini sudah include makan 1 kali.

Yang terakhir adalah roadtrip! saya pernah melakukan road trip ke Jogja 1 tahun lalu. Keuntungan road trip ini kita bisa berhenti kapanpun dan bisa mengunjungi wisata-wisata di perjalanan yang kita lewati. Modal untuk melakukan road trip ini kita perlu mempunyai kendaraan pribadi atau menyewa dari rental. Untuk ongkos bensin sendiri, bensin yang saya habiskan selama pulau-pergi ke Jogja adalah tidak lebih dari Rp 400.000, kalo 1 mobil 5 orang ga lebih dari Rp 100.000 per orang loh dan seru juga bisa mengunjungi berbagai tempat dan juga saat di Jogja mobilitas kita mudah mau kemana mana :)

PENGINAPAN DI JOGJA

Banyak sekali penginapan di Jogja, mulai dari kelas resort dan hotel yang mahal sampai yang murah pun banyak. Untuk para backpacker, biasanya banyak sekali penginapan-penginapan yang harganya dibawah Rp 200.000. Daerah pertama yang terdapat banyak penginapan murah yaitu di Jl. Sosrowijayan. Jalan ini terdapat di sebelah Jl. Malioboro, selain harganya yang murah, lokasi yang dekat dengan pusat keramaian menjadi daerah ini sering dijadikan wisatawan untuk menginap. Bahkan banyak homestay disini yang harganya dibawah Rp 100.000, tergantung negosiasi dan fasilitas yang disediakan juga.

Daerah kedua yaitu Jl. Prawirotaman. Daerah ini masih agak langka di telinga wisatawan Indonesia karena memang daerah ini lebih sering didatangi oleh wisatawan asing. Banyak penginapan-penginapan murah disini mulai dari Rp 100.000 per malam. Lokasi Jl. Prawirotaman ini lokasinya lebih dekat dengan Stasiun Lempuyangan dan daerahnya relatif lebih sepi daripada Jl. Sosrowijayan. Banyak bar dan resto-resto unik juga di sepanjang jalan ini.

TRANSPORTASI SELAMA DI JOGJA

Sebagai backpacker, pasti banyak yang lebih memilih jalan sendiri ketimbang mengikuti paket tour untuk mengunjungi suatu tempat. Karena selain lebih murah, kita pun bisa kemana pun yang kita mau. Untuk berkeliling di sekitar Kota Jogja sebenarnya banyak pilihan yang bisa dipilih oleh para backpacker. Yang pertama adalah menggunakan angkutan umum, tapi saya tidak menyarankan menggunakan angkutan umum karena di Jogja masih jarang dan tidak fleksibel, kecuali kalo mau keliling sekitar kotanya aja ada Trans Jogja yang harganya cuma Rp 3.500 ke arah mana pun.

Yang kedua adalah menyewa motor atau mobil. Harga sewa motor di Jogja adalah sekitar Rp 50.000 per hari dan harga mobil adalah Rp 350.000, itu harga rata-rata loh ya tiap orang mungkin bakal dapet harga yang berbeda. Dengan menyewa motor atau mobil kita bisa kemana pun yang kita mau, selain itu lebih berhemat kalo para backpacker kesini dengan beberapa temannya ,jadi bisa sharing untuk bayar rental. Kalo 1-4 orang bisa menggunakan motor, kalo 4-8 orang bisa menggunakan mobil, pasti liburanmu di Jogja bakal lebih seru! :D

TEMPAT WISATA DI JOGJA

Untuk urusan tempat wisata ini, Jogja memiliki banyak sekali tempat wisata, mulai dari gunung sampai pantai pun ada. Namun karena lokasinya yang jauh dari pusat kota, maka kita dianjurkan untuk menyewa kendaraan agar bisa mencapai wisata-wisata di sekitaran Jogja ini. Jogja memiliki danau di Kalibiru Kulon Progo, memiliki gunung cantik di Gunung Ngglanggeran, memiliki gua yang keren di Gua Pindul, dan gugusan pantai di sepanjang Gunung Kidul. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa buka situs Yogyes.com banyak terdapat list-list wisata di Jogja dan sekitarnya. Namun saya memiliki wisata-wisata favorit di Jogja yang mungkin bisa dijadikan patokan dan acuan untuk backpacker lainnya, bisa dibaca (disini).